Minggu, 09 Februari 2014



Kebumen food

“semprong”



 






Semprong is....???                       
            Semprong merupakan salah satujenis makan tradisional jawa, termask kebumen. Semprong biasanya sering kita jumpai pada perayaan idul fitri (lebaran), karena memang semprong termasuk makanan khas lebaran. Ngomong – ngomong tentang semprong ditempat saya setiap lebaran pasti hampir setiap rumah dipastikan terdapat semprong,memang semprong ini salah satu makanan yang di gemari oleh masyarkat pedesaan tetapi bukan berati masyarakat yang berada di perkotaan tidak mengetahuinya hanya mayoritas berada di pedeaan.
            Semprong umumnya berbentuk gulung atau lipat, yaa bisa dikatakan hampir mirip dengan astor, hanya saja semprong menggunakan bahan – bahan tradisional dan tidak menggunakan perasa – perasa lainya. Tetapi ada juga yang berbentuk kipas atau yang lainya, walaupun semprong bisa dikreasikan dengan berbagai  bentuk selera. Yang tentunya tidak mengurangi karakteristik lain yang mampu membuat lidah kalian semua menjadi terenyuh ;)

Pembuatan semprong...
Kawan,, apakah kalian sudah tahu sebelumnya bagaimanakah pembuatan semprong??? Apa bahannya?? Dan bagaimana pembuatnnya?? Jika belum mari kita belaja bersama...



Bahan – bahan
·        125 gram tepng beras
·        4 sendok makan gula pasir
·        ¼ sdt kayu manis bubuk
·        2 butir telur
·        200 ml santan kental dari ½ kelapa
·        2 sendok makan wijen
·        Minyak goreng secukupnya
(bahan tersebut untuk pembuatan 300 gr)

Cara membuat
1)      Campur tepung beras, gula pasir, kayu manis, santan, dan aduk hingga merata, kemudian masukan telur, aduk lagi hingga merata. Masukan pula wijen kemudian aduk kembali. 
2)      Panaskan cetakan semprong, oles denagn minyaktuang sedikit adonan kira-kira satu sendokan, tutup cetakan tunggu hingga matang angkat lalu lipat selagi masih panas. Dan perlu diingat melipat semprong harus selagi masih panas kalu tidak semprong tidak akan bisa untuk dilipat.
3)      Dinginkan, lalu simpan pada tempat yang kedap udara.
Alat yang di gunakan…
alat yang  biasa digunakan dalam pembuatan semprong diantaranya :
·         Cetakan semprong.
Cetakan semprong umumnya berbentuk persegi panjang dan terdapat buletan di dalamnya, seiring dengan perkembangan zaman kini mulai banyak cetakan-cetakan semprong yang lebih modern, kalau biasanya kita menjumpai cetakan semprong yang biasa di bakar kini sudah banyak cetakan semprong yang menggunakan listrik dll.
·          

Kawan perhatikan betul yaahh car pembuatannya, karena jika terlewat sedikit saja akan berakibat gagalnya pembuatan semprong tersebut. Pembuatan semprong memang memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, butul kesabaran dan juga ketelatenan. Tetapi jangan khawatir jika kalian semua malas untuk membuatnya kini dipasaran sudah tersedia banyak sempron-semprong yang siap dimakan. Selamat mencobaa JJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar